Haul Mbah Hadi Girikusumo

Syaikhul Islam Muhammad Hadi bin Thohir, atau yang dikenal juga dengan sebutan Kyai Ageng Giri atau Simbah Hasan Muhibbat atau Simbah Giri atau juga Simbah Hadi Girikusumo adalah salah satu tokoh penyebar ajaran agama Islam di Dusun Girikusumo Desa Banyumeneng Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Awal perjuangan beliau di tandai dengan berdirinya Masjid Ageng Bait Assalam dan Pesantren Girikesumo pada tahun 1288H. Jejak perjuangan beliau selanjutnya berkembang dengan didirikannya Yayasan Kyai Ageng Giri yang menaungi lembaga pendidikan TK, RA, SD, MI, SMP, SMA, SMK, Madrasah Diniyah, Madrasatul Qur’an, Sekolah Islam Salaf, juga BLK Komunitas.

Setiap tahunnya, tepatnya tanggal 12 Rajab, Santri Pesantren Girikesumo bersama warga masyarakat setempat melaksanakan haul (peringatan hari wafatnya) Simbah Muhammad Hadi bin Thohir sebagai salah satu media santri dalam ber-tabarruk dan ta’dhzim kepada maha guru.

Adapun kegiatan haul di tahun 1442H / 2021M kali ini dilaksanakan secara beruntun dari tanggal 10 sampai dengan 12 Rajab 1442H (22-23 Februari 2021).

Diawali dengan kegiatan SIma’atul Qur’an 30 juz oleh para huffadz bersama Santri Salaf Pesantren Girikusumo pada tanggal 10 Rajab 1442H ba’da ashar. Dilanjutkan kegiatan pada tanggal 11 Rajab 1442H adalah tadarus 30 juz dan juga khotmil qur’an oleh seluruh Santri Pesantren Girikesumo – Yayasan Kyai Ageng Giri . Tidak lupa para santri pun melaksanakan kegiatan ziarah ke makam kasepuhan Girikesumo.

Puncak acara pada malam 12 Rajab 1442H, tepatnya pada malam Rabu Legi, dzikir tahlil dan pengajian bersama Romo KH. Munif Muhammad Zuhri.

Semoga kita semua termasuk Santri Mbah Hadi dan memperoleh berkah dari peringatan haul pada tahun ini. Amiin.

Pesantren Girikesumo – Yayasan Kyai Ageng Giri – SMA Ky Ageng Giri – smanggipedia