Girikusumo Mranggen Demak – Dalam rangka merayakan tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1442 H, Yayasan Kyai Ageng Giri dan Ponpes Girikesumo mengadakan kegiatan rutin tahunan yakni kirab pusaka. (Kamis, 20/8/2020)

Tiga Jubah Kasepuhan Girikesumo yaitu jubah Mbah KH. Muhammad Hadi, jubah Simbah Kyai Muhammad Zaenuri serta Jubah Simbah Kyai Muhammad Zuhri, dan 40 air kendi yang diambil dari sumur keramat di komplek Masjid Ageng Bait Assalam Girikusumo diusung dan dikirab sekaligus bertujuan untuk melestarikan budaya.

Kirab yang dilaksanakan ditengah pandemi Covi 19 ini hanya diikuti oleh Bapak// Ibu guru se-Yayasan Kyai Ageng Giri dan Ponpes Girikusumo. Selama kegiatan kirap berlangsung semua peserta tetap menggunakan dan mematuhi protokol kesehatan Covid19 diantaranya menjaga jarak antar peserta dan memakai masker.

Kirab dimulai dari Masjid Ageng Bait Assalam dan berjalan kurang lebih 300 meter menuju Masjid Baitul Musthofa dan Kembali lagi ke Masjid Bait Assalam. Kirab pusaka diakhiri dengan do’a oleh beliau Gus Nabil Munif serta pembagian air kendi pada masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

Pasukan Kendi berjumlah 40 orang
Prosesi penyerahan pusaka kebesaran dari Gus Nabil Munif kepada Tim 9
Tim 9 pembawa Jubah Kebesaran
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.